Need an account?

Forgot password?
Ridho
Ridho adalah sikap menerima segala takdir/ketetapan dari Allah SWT dengan senang hati. Ciri orang yang ridho kepada keputusan Allah adalah tidak pernah berkeluh-kesah saat ditimpa musibah, dan tidak menyesali nasibnya sekalipun kurang beruntung. Tentu saja yang dimaksud rela di sini bukan menyerah begitu saja, melainkan wajib berusaha semaksimal mungkin memperbaiki nasib dengan menempuh cara yang dibenarkan agama. Sikap ridho ini biasanya hanya dimiliki oleh orang-orang yang bertakwa. "Daging-daging dan darahnya itu tidak sampai (mencapai keridhoan) Allah. Tetapi ketakwaan kamulah yang sampai kepada-Nya." (QS. 22/Al-Hajj: 37)

Sabar adalah menahan diri untuk tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan ajaran Islam. Juga dapat diartikan berusaha mengendalikan hawa nafsu dalam menghadapi segala cobaan hidup. "Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat." (QS. 2/Al-Baqoroh: 155) Maksudnya meintalah pertolongan kepada Allah SWT dengan sabar dan sholat. "Sesungguhnya hanya mereka yang sabarlah yang dicukupkan pahalanya tanpa batas." (QS. 39/Az-Zumar: 10) Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Malu merupakan perhiasan, takiva merupakan kemuliaan. Sebaik-baik kendaraan adalah sabar. Dan menanti jalan keluar dari Allah SWT merupakan ibadah". (HR. Hakim dari Jabir ra.) Hadits di atas mengumpamakan sabar dengan kendaraan, mengapa? Sebab hanya orang yang sabarlah yang dapat mencapai tujuannya, yakni menyelesaikan permasalahannya dengan baik.

Sedekah adalah memberikan bantuan lahir atau batin kepada orang-orang yang membutuhkannya. Tentang makna sedekah dan ragam perbuatan yang tergolong sedekah diterangkan dalam hadits berikut ini. Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Setiap anggota tubuh manusia mempunyai kesempatan untuk bersedekah tiap- tiap hari. Yaitu, mendamaikan orang-orang berselisih, adalah sedekah. Menolong orang naik kendaraan, itupun sedekah. Setiap langkah yang anda lakukan untuk pergi sholat, sedekah. Dan menyingkirkan sesuatu yang membahayakan di jalan umum, adalah sedekah." (HR. Muslim dari Abu Huroiroh ra.)

Sederhana adalah suatu sikap atau tindakan yang tidak berlebihan. Islam memang mengajarkan kepada pemeluknya agar berperilaku yang sedang-sedang saja. "Dan sederhanalah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu, sesungguhnya seburuk- buruk suara adalah suara keledai." (QS. 31 /Lucjman: 19) Ayat ini menyuruh kita agar berperilaku sopan dalam pergaulan, terutama dalam berbicara jangan sampai mengeluarkan suara keras dan "pedas" yang dapat menyakitkan orang-orang yang mendengarnya.

berpegah teguh dalam menjalani hidup .akan indah pada waktunya Tautan
Tautan
Assalamualaikum

Today's Quote
""Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang." (QS.An-Nahl [16]:7)"