Need an account?

Forgot password?
Kitab Taurot Bag. I
Setiap Nabi dan rosul menerima wahyu (pengetahuan tentang hukum syara` sebagai pedoman hidup) dari Allah SWT. Wahyu-wahyu tersebut kemudian ada yang ditulis dan dikumpulkan dalam bentuk suhuf (lembaran-lembaran), ada pula yang dibukukan menjadi kitab.

Beberapa nabi dan rosul yang memiliki suhuf, ialah:

1)     Nabi Adam as. memiliki 10 suhuf;
2)     Nabi Syits as. memiliki 50 suhuf;
3)     Nabi Idris as. memiliki 30 suhuf;
4)     Nabi Ibrohim as. memiliki 10 suhuf; dan
5)     Nabi Musa as. memiliki 10 suhuf, sebelum memperoleh Kitab Taurat

Empat nabi dan rosul yang mempunyai kitab, ialah:

Nabi Musa as. mempunyai Kitab Taurot., Nabi Dawud as. mempunyai Kitab Zabur., Nabi Isa as. (disebut juga Yesus Kristus) mempunyai Kitab Injil., Nabi Muhammad saw. mempunyai Kitab Al-Qur`an/Al-Furqon.

Percaya kepada kitab-kitab Allah SWT merupakan Rukun Iman keempat. Oleh karena itu, selain percaya kepada Al-Qur`an, seorang Muslim wajib mempercayai pula bahwa Allah SWT pernah menurunkan kitab-kitab suci yang lain kepada nabi dan rosul sebelum kehadiran Nabi Muhammad saw.


Kitab Taurot

Kitab Taurot adalah kumpulan firman-firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Musa as. Kitab ini berlaku hanya bagi Nabi Musa as. dan Bani Israil. Firman Allah SWT. "Dan sungguh Kami telah memberikan Kitab (Taurot) kepada Musa. " (QS. 2/Al-Baqoroh: 87) Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurot) dan Kami menjadikannya petunjuk bagi Bani Israil dengan firman), "Janganlah kamu mengambil (pelindung) selain Aku." (QS. 17/Al-Isro`: 2)

Kitab Taurot ini hanyalah salah satu bagian dari Kitab Suci agama Yahudi yang disebut Biblia/Al-Kitab yang terdiri dari Thora, Nabiin, dan Khetubiin. Di kemudian hari orang Kristen menamainya Perjanjian Lama (Old Testament). Konon Taurot yang tertuang dalam Perjanjian Lama tersebut berasal dari Nabi Musa as. dan dibagi menjadi lima kitab, yaitu:

  1. Kitab Kejadian (Genesis) yang mengisahkan kejadian alam semesta, kejadian Adam dan Hawa serta dikeluarkannya mereka dari surga, dan turunnya Adam dan sejumlah nabi sampai Yusuf as.
  2. Kitab Keluaran (Exodus) yang mengisahkan tentang keluarnya Bani Israil dari Mesir yang dipimpin Nabi Musa as. akibat penindasan Fir`aun, keberadaan Musa di Padang Tih, Semenanjung Sinai selama 40 tahun, munajat Musa as. terhadap Yahwe (Allah SWT), sampai turunnya Sepuluh Perintah.
  3. Kitab Imamat (Leviticus) yang berisi kumpulan hukum/syariat dalam agama Yahudi.
  4. Kitab Bilangan (numbers) yang menerangkan jumlah keturunan dua belas Bani Israil pada zaman Nabi Musa as.
  5. Kitab Ulangan (Deuteronomy) yang berisi pengulangan kisah kepergian Bani Israil dari Mesir dan pengulangan kumpulan peraturan.

Kata Taurot berasal dari bahasa Ibroni: "Thora" yang berarti syariat atau hukum. Kitab Taurot itu sendiri memang diturunkan dalam bahasa Ibroni. Nama Taurot disebut dalam Al-Qur`an sebanyak delapan belas kali. Isi pokok kitab ini adalah Sepuluh firman atau Perintah (Ten Commandements) Allah SWT yang diterima oleh Nabi Musa as ketika berada di puncak gunung Thursina.
Cara Cepat Menyembuhkan Luka Tautan
masih berjuang mengingat email
truk tambang biasa dan mobil dump truck gitu ternyata beda lho gan - Tautan

Today's Quote
""Diam adalah suatu kebijaksanaan, tetapi sedikit benar orang yang berbuat demikian." (HR Baihaqy)"